BABINSA DANRAMIL 416-03/SB DAMPINGI PENYALURAN DANA BLT DD

Kodimbute.com, Tebo – Anggota Koramil 416-03/Sungai Bengkal Kodim 0416/Bungo Tebo mendampingi warga penerima di desa binaannya saat kegiatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ke 2 dari Pemerintah desa.

Desa Tabun Arang Kecamatan Muara Tabir Kabupaten Tebo melakukan kegiatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) pada warga kurang mampu terdapat 189 Kepala Keluarga,” ungkap Kopda Andri Hadi Putra.

Sebagai Babinsa Desa Tabun Arang Kopda Andri Hadi Putra mengatakan, bahwa Bantuan sosial bagi warga yang terdampak dari adanya pandemi virus Corona atau Covid 19 ini sangat direspon positif masyarakat. Program ini menjadi atensi bagi TNI untuk menjamin kelancaran dan tepat sasaran pada yang berhak diterima dalam keadaan cepat dan tepat.

Kata Kopda Andri Hadi Putra sebagai bantuan bagi masyarakat miskin bersumber Dana Desa, sesuai kebijakan tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 40 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Dana Desa. Dalam beleid revisi PMK No. 205/2019 dan Kementerian Keuangan mengubah sebagai anggaran dana desa menjadi bantuan sosial berupa bantuan langsung tunai atau BLT Dana Desa. “Kita mengawal dana BLTDD ke 2 ini tepat waktu dan sasaran penerimanya, “tegas Kopda Andri Hadi Putra.

Menurut dia, terkait dengan adanya Covid-19 Pemerintah pusat memberikan instruksi kepada pemerintah di Desa untuk dapatnya membantu warga yang kurang atau tidak mampu terkait dampak Covid-19 menggunakan dana desa. Adapun besaran dari BLT-DD ke 2 ini masing masing KK adalah sebesar Rp. 600.000,-(Enam Ratus Ribu Rupiah) sama seperti yang sebelumnya dan di terimakan selama 3 bulan.

“Kami sangat berharap kepada bapak bapak dan ibu ibu penerima bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa tersebut dapat digunakan semaksimal mungkin untuk membeli kebutuhan pokok, kecukupan gizi dan vitamin demi untuk meningkatkan imunitas diri dan sebagai pertahanan dari Corona virus atau Covid 19,”paparnya.

Selanjutnya Kopda Andri Hadi Putra menyampaikan bahwa warga yang menerima BLTDD ke 2 ini merupakan warga kurang mampu yang terkena dampak Covid 19 dan sudah dilakukan verifikasi langsung oleh ketua Rt, Perangkat Desa dan BPD Desa.

Tambah dia, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan pengawalan dan semoga bantuan tersebut betul betul dimanfaatkan sebaik baiknya serta warga dapat mematuhi semua imbauan dari pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Kami juga menghimbau pada warga agar selalu menggunakan masker untuk menghindari penyebaran Covid-19 dan selalu jaga jarak minimal 1 meter guna memutus mata rantai virus corona atau Covid-19,”imbuhnya. (Pendimbute)

Updated: Juni 2, 2020 — 6:13 am