Babinsa Koramil 07/Rimbo Bujang, Beri Semangat Petani Ikan

KODIMBUTE.COM, TEBO – Babinsa Kopda Teguh Nugroho Koramil 416-07/Rimbo Bujang Kodim 0416/Bute mengapresiasi dan memberikan dorongan semangat kepada para petani ikan kolam, agar menjadi petani ikan yang profesional dan hasil budidaya ikan kolamnya memadai.

Hal tersebut disampaikan Babinsa Kopda Teguh Nugroho pada saat menyambangi petani ikan kolam yang tergabung dalam Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Siantar Jaya, bertempat di Jalan Pematang Siantar Desa Sidorukun Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo.Selasa (18/02/2020).

Babinsa Kopda Teguh Nugroho mengatakan, dirinya menyambangi petani budidaya ikan kolam yang tergabung dalam Pokdakan Siantar Jaya Desa Sidorukun untuk memberikan dorongan semangat menuju petani ikan yang handal, sehingga hasil kolamnya meningkat untuk kesejahteraan anggota Pokdakan.

“Kepada petani ikan Pokdakan Siantar Jsya untuk mengikuti petunjuk standar budidaya ikan yang disampaikan oleh PPL, untuk mencapai hasil ikan kolam yang memadai, ” tutur Babinsa Kopda Teguh Nugroho.

Sementara itu, Asrofi Ketua Pokdakan Siantar Jaya menuturkan, bahwa anggota Pokdakan yang dipimpinnya Usaha budidaya ikan kolam, seperti jenis ikan gurame, lele dumbo dan nila.

“Untuk di darat kolam ikan dibuat menggunakan semen, untuk kolam tanah yang dirawa dan sungai, ” jelas ketua Pokdakan Asrofi.

Dikatakannya, dari benih sampai panen ikan gurame 8 sampai 12 bulan,
Ikan lele dumbo 2 sampai 2,5 bulan dan ikan nila 4 sampai 5 bulan baru bisa dipanen.

” Untuk pemasaran hasil panen ikan saat ini baru di Kabupaten Tebo sementara paling jauh Kabupaten Bungo, kita baru bisa melayani pemesan ikan kolam di dua Kabupaten,” pungkasnya. (red)

Updated: Februari 18, 2020 — 7:01 am