Babinsa Lubuk Mayan Bantu Petani Jemur Padi

Kodimbute.com, Bungo – Babinsa Koramil 416-01/Rantau Pandan jajaran Kodim 0416/bute, Serda Andi Iskandar membantu anggota Kelompok Tani Harapan Baru melaksanakan penjemuran padi hasil panen yang terletak Desa Lubuk Mayan, Kecamatan Rantau Pandan, Bungo. Jumat (30/9/19).

Ini merupakan kebiasaan sebahagian masyarakat di Desa Lubuk Mayan, khususnya di Kecamatan Rantau Pandan bahwa padi yang telah di potong panen terlebih dahulu di jemur sebelum dilakukan perontokan dengan mesin perontok padi.

Penjemuran padi hasil panen agar padi tersebut tidak lembab, rusak, busuk dan menurunya mutu padi pasca panen. Ketua Kelompok Tani Yah Huda menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Babinsa yang sudah memberikan pengetahuan serta membimbing kelompoknya, mula dari pentahapan dan langkah-langkah agar hasil panen maksimal, baik dari pembersihan dan pembentukan lahan sampai dengan panen selesai.

“Babinsa yang setia mendampingi kami tidak segan-segan datang dan hadir ketengah-tengah kelompok tani sehingga harapan kami untuk dapat maju dibidang pertanian pasti akan terealisasikan dengan baik karena Babinsa setia mendampingi kami”, ungkap Yah Huda.

Danramil 416-01/Rantau Pandan Kapten Inf Adrial Nursal menyampaikan, dengan melakukan penjemuran, padi tersebut tidak akan lembab, rusak, busuk dan menurunya mutu padi pasca panen.

“Babinsa selaku pembimbing kelompok tani harus terus terjun aktif dalam memberikan pendampingan kepada petani, sehingga masyarakat tani betul-betul merasakan manfaat dari kehadiran Babinsa ditengah-tengah kelompok tani dan diharapkan kedepan Babinsa terus bersinergi dengan kelompok tani agar pencapaian hasil panen dapat terus meningkat,” tegas Danramil. (pendimbute)

Updated: Agustus 30, 2019 — 8:49 am