Babinsa Tanjung Sepucuk Jambi Monitoring Kesuburan Tanam Jagung

KODIMBUTE.COM, TEBO – Dandim 0416/Bungo Tebo Letkol Inf Widi Rahman, S.H., M.Si menghimbau kepada Koramil sampai Babinsa di jajaran Kodim 0416/Bungo Tebo, Tebo, Jambi untuk membantu petani meningkatkan hasil panen jagung di wilayahnya dengan terus aktif melakukan pendampingan kepada petani, Jumat (6/9/19).

Seperti yang dilakukan oleh jajaran Koramil 416-04/Pulau Temiang dan Babinsa dalam membantu petani melaksanakan pemantauan perkembangan tanaman jagung di Desa Tanjung Sepucuk Jambi Kecamatan VII Koto, sekaligus pendampingan pada petani jagung.

Danramil 416-04/Pulau Temiang Kapten Inf Dalemunthe mengatakan, hasil tanam jagung terlihat subur dan diharapkan hasil panen mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Terlebih dengan adanya program TNI membantu para petani untuk terciptanya swasembada pangan di akhir tahun 2019 ini.

“Untuk melakukan budidaya jagung hibrida, kami menenkankan kepada petani, tentang beberapa tips cara menanam jagung hibrida yang benar, dari mulai memilih benih, menyiapkan lahan tanam, penanaman jagung, perawatan tanaman jagung, hingga pemanenan jagung yang melimpah,”terangnya.

Lanjutnya, dalam membantu petani, TNI tidak hanya pada saat panen saja. Namun sejak mulai pembibitan hingga panen juga turun tangan ikut mengawasi, bersama gabungan kelompok tani (Gapoktan).

“Sehingga usai panen para petani bisa memahami apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan guna menghadapi musim tanam selanjutnya,” ujarnya.

Selain Danramil dan Babinsa, petani juga didampingi petugas penyuluh lapangan (PPL) Kantor Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bangkalan.

Danramil 416-04/Pulau Temiang, selaku pendamping kelompok tani di Desa Tanjung Sepucuk Jambi Kecamatan VII Koto, bahwa kegiatan pendampingan ini merupakan wujud kerjasama antara TNI, Distan, PPL dan para petani dalam upaya meningkatkan produksi pangan. (pendimbute/rd)

Updated: September 6, 2019 — 8:33 am