DANDIM 0416/BUTE HADIRI ACARA RAPAT KOORDINASI PENANGGULANGAN PENAMABANG TANPA IJIN

Kodimbute.com, Bungo – Bertempat Aula Polres Bungo Komandan Kodim 0416/Bungo Tebo Letkol Inf Widi Rahman, S.H, M.Si menghadiri acara pelaksanaan Rapat Koordinasi Dalam Rangka Penanggulangan Penambangan Emas Tanpa lzin di Kab. Bungo. Rabu (22/07/2020)

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Bupati Bungo di wakili Asisten ll Saiful Azhar, SE, Dandim 0416/Bute Letkol lnf. Widi Rahman, S.H. M.Si, Kapolres Bungo AKBP Trisaksono Puspo Aji, S.Ik, Kadis LH Kab. Bungo Prasetyo, Kasat Reskrim Polres Bungo AKP H. Manurung, SH, Danramil 416-06/Muara Bungo Kapten Arm Abasri, Camat se-Kab. Bungo, Kasat Pol PP Kab. Bungo dan Kapolsek jajaran Polres Bungo.

Dalam sambutan Kapolres Bungo Tri Saksono Puspo Aji, Sik mengatakan “Dengan di adakan Rapat Koordinasi dalam rangka penanggulangan penambangan tanpa izin kususnya peti di kab.bungo kami dari pihak Polres Bungo mohon untuk masukan dan pendapat untuk penanggulangan Peti di Kab. Bungo, Mari kita dengan di laksanakan rapat ini kita bisa menyelesaikan permasalahan Peti di kab.bungo dengan sudah memperhitungkan sebab dan akibat yang akan terjadi apabila peti ini di tertibkan, ucapnya.
“Saya mohon agar pemerintah kab.bungo bisa memberikan anggaran kusus untuk penertiban peti di wilayah Kab. Bungo agar dalam pelaksanaan penertiban peti ini dapat berjalan lancar dan aman, tambahnya.

Komandan Kodim 0416/Bute juga memerikan sambutan “Dalam pelaksanaan penanggulaan peti ini harus terus menerus setiap bulanya sehingga kalau bisa anggarannya harus satu tahun, di wilayah Kab. Bungo ini untuk penambangan peti ini sudah menjamur dan apabila ini akan kita tertibkan kita harus menyiapkan apa yang akan menjadi dampak negatifnya kemungkinan kriminalitas akan meningkat, ucapnya.

Sambutan Bapak Bupati Kab. Bungo yang di wakili oleh Asisten ll “Yang pertama saya menyampaikan permintaan maaf dari bupati bungo yang seharusnya beliau yang hadir di sini untuk menghadiri rapat ini namum beliau masih ada urusan lain yang harus di kerjakan, Saya pernah melakukan tes untuk mengetahui dampak peti bagi ekosistem, pada saat itu kami menangkap ikan di sungai yang sudah di cemari oleh penambang peti pada saat itu ada lima ekor ikan yang kami tangkap dan kami lakukan tes di leb dan hasilnya sangat mengejutkan bahwa lima ekor itu mengandung jat mercury yang dangat bahaya bagi manusia.

Rapat ini membahas atau menindak lanjuti laporan masyarakat karena maraknya PETI di wilayah kab. Bungo dan bagai mana cara penanggulangan penertiban peti di wilayah kab. Bungo dengan memperhatikan dampak negatif dan positifnya. (Pendimbute)

Updated: Juli 22, 2020 — 6:42 am