Dengan Adanya Tanah Longsor di Wilayah Binaan, Babinsa Koramil 06/Muara Bungo Hadiri Musyawarah Bersama Pihak Terkait

Kodimbute.com, Bungo – Babinsa Koramil 416-06/Muara Bungo Kodim 0416/Bute Peltu Suherman Ag menghadiri kegiatan Musyawarah terkait adanya tanah longsor di dekat Box Culper Lrg. Utama Kel. Sungai Pinang Kec. Bungo Dani Kab. Bungo yang diduga diakibatkan kikisan air sungai yang saat ini debit airnya mulai meningkat, longsor tersebut memakan sedikit badan jalan penghubung RT.18 dengan RT.07 bertempat di Aula Kantor Lurah Sungai Pinang, Rabu (13/01/2021).

Kegiatan di Pimpin langsung oleh Camat Bungo Dani Rafdi S.Sos, Lurah Sungai Pinang Jonja Asmara yang di hadiri Kapolsek Muara Bungo Iptu Ivan Ripai S.Sos I., M PD, Kanit Binmas Ipda Bambang JM, Babinsa Peltu Suherman Ag, Tomas Kusyono, Seluruh Ketua RT Se Kelurahan Sungai Pinang, H. Jabir (Pemilik dompeng yang berada di dekat tanah longsor), Tomas, Toga dan Toda.

Pada kata sambutannya, Camat Bungo Dani Sdr Rafdi S.Sos menyampaikan akan menindak lanjuti terkait laporan masyarakat yang menyatakan tanah longsor adalah akibat aktivitas penambangan pasir milik Sdra H.Jabir dan Camat juga meminta kepada H. Jabir agar aktivitas tersebut segera di hentikan sebelum ada penindakan tegas dari pihak Camat maupun pihak Polsek.

Kapolsek Muara Bungo Iptu Ivan Rivai S.Sos I, M Pd, pada kesempatan tersebut juga meminta partisipasi seluruh masyarakat terkait apapun yang terjadi di lingkungan masyarakat dan melaporkan langsung baik kepada saya pribadi maupun Babinsa dan Babinkamtibmas, dalam pelaksanaan tugas ada beberapa hal yang kita lakukan dalam pelaksanaan tugas Kepolisian antara lain kita akan melakukan pembinaan dgn cara musyawarah mufakat bekerja sama dgn TNI dalam hal ini Babinsa selanjutnya apabila jalan musyawarah mufakat tidak di indahkan juga pihak TNI Polri akan melakukan tindakan tegas khususnya kepada Sdr H.Jabir selaku pemilik mesin baik tambang pasir maupun Peti yang note Bone nya tidak ada izin dari Pemerintah.

Kapolsek Muara Bungo juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada unsur Pemerintahan baik Camat, Lurah dan seluruh Tokoh Masyarakat Kelurahan Sungai Pinang sudah memfasilitasi dan melakukan koordinasi secara kontinyu terhadap pihak TNI Polri khususnya Koramil 416-06/Muara Bungo dan Polsek Muara Bungo.

Disela kegiatan tersebut Babinsa Kel. Sungai Pinang Peltu Suherman Ag mengatakan, kegiatan musyawarah dilaksanakan karena warga RT.07 dan RT.18 Kel. Sungai Pinang mengatakan selain akibat curah hujan yang tinggi longsor tersebut juga terjadi akibat adanya aktivitas Peti baik pengambilan pasir maupun pengambilan emas (Peti) sebagai pemilik adalah H.Jabir dalam kegiatan tersebut H.Jabir berjanji tidak akan melakukan aktivitas Peti lagi di sungai tersebut dan akan membuat surat pernyataan.

“Setelah dilaksanakan musyawarah dan mufakat sebagai hasil dari kegiatan tersebut H.Jabir membuat surat pernyataan yang di saksikan oleh seluruh yang hadir pada kesempatan tersebut dengan membuat surat pernyataan yang isinya akan mengeluarkan seluruh peralatan baik mesin ataupun perahu yang digunakan untuk penambangan paling lambat tanggal 14 Januari 2021, apabila di kemudian hari masih beraktivitas maka H.Jabir bersedia di tuntut sesuai Hukum yang berlaku selanjutnya di tanda tangani oleh H.Jabir yang di saksikan oleh seluruh yang hadir pada kesempatan tersebut”, Pungkas Peltu Suherman Ag.

Updated: Januari 13, 2021 — 7:39 am