Koramil 416-03/Sungai Bengkal Bersama Polsek Tebo Ilir Sosialisasi Penanggulangan Karhutla

Kodimbute.com, Tebo – Koramil 416-03/Sungai Bengkal bersama Polsek Tebo Ilir, melakukan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kecamatan TeboIlir, Tebo, Jumat (9/8/19).

 

Danramil Sungai Bengkal Kapten Inf Sulasa Hadi menyampaikan bahwa sosialisasi ini untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Tebo Ilir Kabupaten Tebo.

 

“Pada inti penanggulangan Karhutla ini sangat serius dan ini perintah lansung dari Presiden RI. Secara teknis nanti cara penanggulangan jika terjadi, karhutla selalu koordinasi dengan semua instansi terkait,” tutur Danramil.

 

Kapolsek Tebo Ilir Iptu Fernando Gultom melalui menyampaikan bahwa sanksi hukum Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

 

Membuka lahan dengan cara membakar hutan merupakan hal yang secara tegas dilarang dalam undang-undang, yakni diatur dalam Pasal 69 ayat (1) huruf h UU PPLH yang berbunyi.

 

Setiap orang dilarang melakukan perbuatan melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.

 

“Adapun ancaman pidana bagi yang melakukan pembakaran lahan adalah penjara paling singkat tiga tahun dan paling lama 10tahun serta denda antara Rp 3 miliar hingga Rp 10 miliar,” terang Kapolsek. (pendimbute)

Updated: Agustus 9, 2019 — 9:54 am