Korem 042 Gapu Terima Pembekalan Konsep Penjabaran PPKT

KODIMBUTE.COM, JAMBI – Staf Korem 042/Gapu terima Pembekalan Konsep penjabaran PPKT (Proses Pengambilan Keputusan Taktis) oleh Tim dari Rindam II/Sriwijaya di Ruang rapat Atas Makorem Jambi, (12/11/2019).

Pada kesempatan tersebut Mayor Inf Fantri Hariyanto selaku Narasumber di dampingi Mayor Inf Hendra Gunawan dari Staf Baglat Rindam II/Swj memaparkan tentang Doktrin Pelaksanaan Kodalops TNI AD dalam penyelenggaraannya selama ini masih berpedoman pada Skep Kasad Nomor Skep/34/I/1986 tanggal 14 Januari 1986 tentang Bujuklap Komando Pengendalian (Kodal).

Dengan berpedoman kepada Jati Diri TNI dan perkembangan TNI AD maka yang berlaku saat ini adalah Skep Kasad No. Kep / 922 / XII /2017 tanggal 4 Desember 2017.

Lebih lanjut Mayor Fantri menyampaikan bahwa Sosialisasi Doklap ini merupakan upaya memodernisasi perencanaan operasi/tempur TNI AD sehingga menjadi semakin sistematis, logis, detail, dan fleksibel dalam mengakomodir alutsista-alutsista baru yang ada TNI AD. Selain itu pula agar pelaksanaan operasi dari tingkat bawah sampai dengan atas menjadi semakin efektif dalam pencapaian tugas pokok untuk menjawab kompleksitas pertempuran yang akan datang.

Doktrin Pelaksanaan Kodalops TNI AD merupakan jabaran dari Doktrin Induk Operasi yang berisikan tentang tataran, kewenangan dan status Kodalops serta sistem Kodalops yang meliputi Pengorganisasian, Proses Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT), Fasilitas Kodalops dan Manajemen Informasi.

“Materi Doklak Kodalops TNI AD pada prinsipnya sangat fleksibel dengan tujuan agar para perwira dan satuan mahir dalam membina serta menggunakan sistem Kodalops, sekaligus mengaplikasikan kepemimpinan baik dalam perannya sebagai Perwira Staf maupun sebagai Komandan serta mampu mengembangkan keyakinan dan pegangannya dalam pelaksanaan tugas”, terangnya.

Kasrem 042/Gapu Letkol Arh Hary Sassono Utomo, S.H mewakili Danrem saat dikonfirmasi awak Penrem menyampaikan bahwa hal ini sangat bermanfaat bagi staf sebagai wadah penambah pengetahuan dan wawasan dari Tim Rindam dalam menghadapi pelaksanaan tugas kedepan dan juga untuk mendukung pelaksanaan latihan Posko I Korem 042/Gapu yang akan datang sesuai Doktrin Lapangan Proses Pengambilan Keputusan Taktis (PPKT), ucap Kasrem. (Penremgapu)

Updated: November 12, 2019 — 8:29 am