Warga Batanghari Hibahkan Tanah untuk Jalan Alternatif

Kodimbute.com, Jambi – Dandim 0415 Batanghari, Letkol Inf Widi Rahman menyebutkan, masyarakat Desa Ladang Peris Kecamatan Bajubang, Batanghari Jambi menghibahkan tanah kepada pemerintah daerah untuk dibangunnya jalan alternatif sepanjang 3 kilometer dan lebar 12 meter.

“Masyarakat sukarela tanpa ada suatu paksaan untuk menghibahkan lahannya kepada pemerintah daerah. Nantinya jalan ini menjadi aset daerah,” kata Widi, Senin (24/6).

Hal tersebut disampaikannya saat peninjauan didampingi Danramil 415-04/Muara Bulian Kapten Inf Rilman, Camat Bajubang Ichwan, Kapolsek Bajubang Iptu Ritonga. Menurut Widi, jalan baru tersebut nantinya menghubungkan antara dua RT yakni RT 07 dan RT 13 di Desa Ladang Peris.

“Pembangunan jalan mulai dari RT 07 sampai RT 13 di Desa Ladang Peris. Saat ini masyarakat sekitar sangat antusias dengan adanya program TMMD tersebut di desanya. Dibangunnya jalan alternatif tersebut karena jalan ini merupakan salah satu jalan pusat perekonomian masyarakat,” katanya.

Menurutnya, secara terpadu melalui proses perencanaan secara integral dan komprehensif. Dengan sistem konsep pembangunan Pendekatan Pembangunan dari Bawah (Bottom-up) dan ditindaklanjuti dengan sistem Pendekatan Pembangunan dari Atas (Top- Down) kerja sama dan koordinasi dengan Pemkab Batanghari maupun instansi terkait serta masyarakat.

TMMD kali ini diselenggarakan oleh Kodim 0415/Batanghari Korem 042/Gapu. Sasaran fisik maupun sasaran non fisik sebagai salah satu wujud bakti kerja sama lintas sektoral antara TNI, kementerian atau lembaga pemerintah maupun non kementerian dan Pemda setempat sekaligus komponen lainnya secara terpadu maupun berkesinambungan dalam upaya akselerasi pembangunan di daerah.

“Kegiatan tersebut dimulai 10 Juli sampai penutupan 8 Agustus 2019. Adapun tema TMMD 105 tahun 2019 yakni bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucap Widi.

Tokoh masyarakat, Sanusi (55), mewakili warga mengucapkan terima kasih kepada aparat KOdim 0415/Batanghari yang melaksanakan kegiatan tersebut. Menurutnya, pembukaan jalan sangat berguna dalam melancarkan perekonomian masyarakat.

“Rata-rata kami adalah petani karet dan sawit,” ucapnya.

Updated: Juni 25, 2019 — 1:48 pm